Khazzanah Tour Indonesia Travel Umrah Murah dan Haji Plus : Informasi Umrah, Haji khusus

PT Khazzanah tour terakreditasi A izin umroh no 115/ 2021 izin PIHK no HK 29062021
Khazzanah Tours Travel Umroh Haji Plus
0813 740 59367

Head Office : Jalan otista raya no 46 B Cawang Jakarta Timur
Paket Hajj Plus 2022 Khazzanah Tour
Paket Hajj Plus 2020 Khazzanah Tour

Tata Cara Mandi Wajib Ihram

 Mandi wajib ihram (istilah dalam bahasa Arab: ghusl al-ihram) adalah mandi wajib yang dilakukan sebelum seseorang memasuki keadaan ihram untuk melaksanakan ibadah haji atau umroh. Mandi ini merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi sebelum memasuki ihram.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui tentang mandi wajib ihram:

  1. Tujuan mandi wajib ihram: Mandi wajib ihram memiliki tujuan untuk membersihkan diri secara menyeluruh dan menyucikan tubuh sebelum memasuki keadaan ihram. Mandi ini melibatkan mandi ritual yang meliputi mencuci seluruh tubuh dengan air.

  2. Cara melaksanakan mandi wajib ihram: Berikut adalah langkah-langkah umum untuk melaksanakan mandi wajib ihram:

    • Niatkan mandi wajib ihram dengan hati dan mengucapkan niat sesuai dengan niat dalam hati.
    • Membasahi seluruh tubuh dengan air, pastikan air mencapai setiap bagian tubuh.
    • Berkumur-kumur dan membersihkan mulut serta hidung.
    • Membersihkan seluruh tubuh dengan sabun atau bahan pembersih lainnya (jika tersedia), dan pastikan semua bagian tubuh dibersihkan.
    • Mengusap rambut, pastikan air merata sampai ke kulit kepala.
    • Terakhir, membersihkan anggota badan kanan sebelum anggota badan kiri.
  3. Waktu pelaksanaan mandi wajib ihram: Mandi wajib ihram dapat dilakukan setiap saat sebelum memasuki keadaan ihram. Sebaiknya dilakukan sesaat sebelum niat masuk ke ihram dan memulai ibadah haji atau umroh.

  4. Pentingnya mandi wajib ihram: Mandi wajib ihram adalah bagian yang penting dalam persiapan untuk melaksanakan ibadah haji atau umroh. Melaksanakan mandi wajib ihram dengan benar dan menyeluruh adalah bagian dari tata cara yang harus diikuti dalam rangka memasuki keadaan ihram dengan baik.


Mandi wajib ihram adalah mandi khusus yang dilakukan sebelum memasuki keadaan ihram, yang merupakan keadaan suci dan khusus saat melaksanakan ibadah haji atau umroh. Berikut adalah tata cara mandi wajib ihram:

  1. Niat: Baca niat mandi wajib ihram di dalam hati. Niat ini mencerminkan niat Anda untuk membersihkan diri dan memasuki keadaan ihram.

  2. Membasahi seluruh tubuh: Mulailah dengan membasahi seluruh tubuh Anda dengan air. Pastikan air mencapai seluruh bagian tubuh, termasuk rambut, wajah, tangan, dan kaki.

  3. Mencuci kepala: Tuangkan air ke tangan Anda dan gosokkan air ke seluruh bagian kepala Anda, memastikan air mencapai akar rambut dan kulit kepala.

  4. Mencuci badan: Setelah mencuci kepala, lanjutkan dengan mencuci badan Anda. Gosokkan air ke seluruh tubuh Anda, termasuk bagian belakang, dada, perut, dan anggota tubuh lainnya.

  5. Mencuci kaki: Akhiri mandi wajib ihram dengan mencuci kaki Anda. Gosokkan air ke kedua kaki, termasuk jari-jari kaki.

  6. Menggunakan sabun: Mandi wajib ihram biasanya dilakukan tanpa menggunakan sabun atau bahan pembersih lainnya. Namun, jika ada kebutuhan khusus atau jika disyaratkan oleh otoritas agama yang berwenang, Anda dapat menggunakan sabun ringan atau bahan pembersih yang diizinkan.

Setelah selesai mandi wajib ihram, Anda akan memasuki keadaan ihram. Pada saat ini, Anda perlu mengenakan pakaian ihram yang terdiri dari dua lembar kain yang sederhana, biasanya berwarna putih, yang dikhususkan untuk ibadah haji atau umroh.

Khazzanah Tour Travel Umroh & Haji Plus Dan Langsung Berangkat

Afiliasi Tata Cara Mandi Wajib Ihram


Travel Umrah Khazzanah Tour

Back To Top